Categories
Pendidikan

Yuk Mengenal 6 Tujuan dari Komunikasi Disini

Setelah kalian mengetahui pengertian komunikasi, maka saat ini kalian akan membicarakan mengenai tujuan dari komunikasi. Tujuan komunikasi adalah beberapa target untuk mengkomunikasikan data, pengetahuan atau wawasan, dan juga emosi yang diberikan.

Salah satu tujuan komunikasi menurut para ahli adalah dapat berupa sebuah target yang dimiliki oleh seseorang untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka di depan publik, atau bahkan target yang dipegang oleh para kelompok yang digunakan untuk meraih tingkatan komunikasi yang jauh lebih baik dengan para klien, menurut Educraft.

Namun tujuan komunikasi lainnya adalah untuk membawa manfaat komunikasi yang lainnya, seperti misalnya tujuan dari komunikasi itu sendiri adalah menjadi tujuan suatu bisnis pemasaran, dan bidang lainnya. Dibawah ini terdapat beberapa tujuan komunikasi antara lain adalah :

1. Memberikan Informasi Penting

Memberikan informasi penting adalah salah satu tujuan komunikasi yang paling umum, kegiatan ini yaitu dengan memberikan suatu informasi kepada para target audiens atau lawan bicara kalian.

Misalnya seorang guru mengumumkan kepada para siswanya jika besok akan diadakan ulangan harian, coba kalian bayangkan apabila guru tersebut tidak mengkomunikasikan hal tersebut tentunya banyak murid yang memiliki nilai jelek.

Karena mereka tidak diberitahu akan ada ulangan harian di esok hari, atau dampak lainnya saat ulangan harian berlangsung banyak murid yang mencontek atau saling mencontek.

2. Meyakinkan Seseorang, Atau Sekelompok Orang

Dan tujuan kedua yaitu untuk mengubah persepsi atau pendapat seseorang mengenai sesuatu.

Saat kalian sedang berada di dalam sebuah organisasi maka tentu saja kalian akan memiliki pendapat dan persepsi yang berbeda-beda namun sang ketua pimpinan organisasi harus bisa meyakinkan para anggota untuk mengikuti apa pendapat atau usulan yang pemimpin organisasi tersebut ungkapkan, dan disinilah peran komunikasi akan sangat dibutuhkan.

3. Mengungkapkan Emosi

Setiap manusia tentunya selalu memiliki emosi yang ada di dalam diri mereka, emosi tersebut bisa berupa sedih, marah, senang, takut, grogi, dan lain sebagainya. Dengan adanya komunikasi ini maka manusia dapat mengkomunikasikan emosinya kepada lawan jenis mereka dengan gamblang.

Seperti misalnya adalah saat kalian menonton acara Stand Up omedy yang menceritakan berbagai kisah lucu yang mereka miliki sehingga para komunikan atau orang lain dapat tertawa

Dan ikut merasa bahagia karena cerita yang lucu, atau saat orang lain sedang merasakan kesedihan mereka kepada kalian maka kalian akan turut empati kepada komunikator tersebut.

4. Memberikan Atau Menyerap Wawasan Dengan Baik

Sebenarnya komunikasi memiliki tujuan untuk memudahkan para individu untuk lebih mudah menyerap wawasan pengetahuan dengan lebih baik, hal tersebut dapat terlihat saat orang lain melakukan suatu presentasi di dalam kelas mengenai anatomi tubuh manusia.

Maka dengan begitu bagi kalian yang belum mengetahui mengenai anatomi manusia, akan menyerap pengetahuan tersebut, dan secara tidak langsung kalian memiliki suatu wawasan dan pengetahuan yang baru.

5. Mempengaruhi Sikap Seseorang Atau Sekelompok Orang

Salah satu penerapan komunikasi lainnya yaitu dapat mempengaruhi sikap terhadap seseorang atau sekelompok orang. Dengan komunikasi kalian dapat mengubah sikap mereka menjadi apa yang kalian inginkan.

Seperti contohnya adalah apakah kalian sering melihat orang yang berjualan di pasar dan menawarkan berbagai macam produk yang mereka jual kepada orang lain, sampai akhirnya mereka tergiur untuk membeli, dan akhirnya terjadilah proses transaksi.

Hal tersebut adalah salah satu tindakan nyata komunikasi adalah alat untuk mempengaruhi sikap seseorang atau bahkan sekelompok orang yang tadinya tidak memiliki pendapat atau tidak ingin melakukan sesuatu hal, menjadi melakukan sesuatu yang dikomunikasikan oleh komunikator.

6. Menyampaikan Pendapat atau Opini

Persepsi adalah sebuah ide, emosi, atau bahkan pemikiran milik seseorang yang tidak kuat, tetapi dapat dengan mudah mempengaruhi seluruh sikap atau tindakan seseorang yang pada awalnya tidak ingin melakukan hal yang disampaikan oleh komunikator tersebut.

Di dalam suatu pekerjaan para pemimpin juga melakukan komunikasi dengan cara menjalin hubungan komunikasi yang baik kepada para tim mereka, atau bahkan sebaliknya.

Kegiatan komunikasi juga memiliki tujuan untuk memiliki hubungan yang baik satu individu dengan individu lainnya.

Maka semua orang yang berada di dalam ruang lingkup komunikasi tersebut akan memahami opini atau persepsi orang lain dan baca artikel menarik lainnya di AusbildungAupair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *