Categories
News

Mengenal Penyebab usus Buntu Disini

Penyakit usus buntu adalah salah satu jenis penyakit umum yang bisa diderita oleh siapa saja. Jika sudah parah maka tindakan operasi dengan memotong bagian usus buntu adalah cara paling cepat yang bisa dilakukan. Namun bisakah usus buntuk ditangani di rumah sendiri? Jawabannya adalah bisa.

Baca Juga: 6 Tujuan Komunikasi

Siapa saja bisa mengobati usus buntu di rumah sendiri jika belum pecah atau belum meradang terlalu parah. Penyebab usus buntu sendiri bisa bermacam-macam, bisa dikarenakan penyumbatan karena sisa makanan atau kotoran yang mengeras. Sisa makanan yang terjebakl dalam lubang pada rongga perutlah yang menjadi penyebabnya.

Apakah Penyebab Usus Buntu?

Selain itu usus buntu juga bisa disebabkan oleh berbagai macam infeksi misalnya virus gastrointestinal yang biasanya masuk melalui makanan. Kebersihan makanan menjadi penyebabnya virus ini melekat jadi sebaiknya selalu cuci makanan sebelum dimakan atau dimasak. Selain virus bakteri juga menjadi salah satu penyabab usus buntu.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bakteri E.Coli dan Salmonella yang sangat berbahaya. Bakteri ini muncul karena jamur atau serangga seperti lalat yang bertelur pada makanan. Bakteri ini akan membuat usus meradang kemudian kotoran dari bakteri inilah yang membuat usus menjadi terinfeksi.

Tidak hanya harus menjaga kebersihan, Anda juga perlu menghindari makanan penyebab usus buntu. Beberapa jenis makanan tersebut adalah pisang muda yang masih keras yang mengandung zat tepung sulit dicerna oleh usus. Hindari juga makan permen karet khususnya bagi anak-anak di bawah 5 tahun.

Terlalu banyak kafein, buah kesemek, daging merah, produk olahan susu seperti yakult dan keju, alkohol serta makanan cepat saji. Makanan tersebut harus dikonsumsi dengan benar atau jumlahnya dibatasi jangan terlalu berlebih.

Nah apabila Anda ingin mengatasi masalah usus buntu, maka kenali gejala usus buntu ringan di awal. Dengan mengenali gejala sejak awal maka Anda akan lebih cepat dan mudah dalam menanganinya.
Gajala awalnya adalah sakit perut, demam, gangguan sistem pencernaan, serta kesulitan BAB dan buang air kecil.

Sakit perut yang dirasakan akan berpindah-pindah tempat seperti di area bawah pusar atau perut bagian bawah. Selama sakit perut maka akan disertai juga dengan demam. Ini dikarenakan pembenggkakan dalam tubuh yakni usus yang membuat kinerja organ dalam terganggu. Jika demam semakin tinggi bisa jadi usus buntu telah pecah.

Apabila Anda sudah mengenali gejala sakit usus buntuk yang sudah parah maka periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut bahkan bisa berlanjut pada operasi. Namun bagi Anda yang tidak ingin periksa ke dokter ada banyak obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah usus buntu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *