Categories
Rumah

4 Jenis Material yang Sering Digunakan untuk Sekat Ruangan

Memilih manakah material untuk sekat ruangan kantor dan rumah memang tidak mudah mulai dari material sekat ruangan kaca tempered hingga sekat ruangan dari partisi gypsum.

Disisi lain Anda harus memikirkan biaya, pengerjaan dan juga desain. Semua harus diperhatikan sejak awal sehingga Anda tidak bisa memilihnya dengan sembarangan. 

Untuk bisa menemukan mana sekat ruangan yang tepat, kenali dulu jenis material yang biasanya digunakan dan satu hal yang sangat penting yaitu dengan memilih vendor interior ruangan.

Anda mungkin sudah menentukan gaya atau desain interior ruangan, nah jika sudah memilihnya maka akan lebih mudah menentukan sekat. Kenali apa saja material sekat terbaik yang biasa digunakan berikut ini. 

Material yang Digunakan untuk Sekat Ruangan

Baik itu rumah minimalis, modern atau kontemporer saat ini banyak yang memanfaatkan sekat ruangan. Sekat yang dimaksud bukanlah dinding dari batako atau batu bata melainkan material lainnya. 

Fungsi dari sekat ruangan sendiri bukan hanya memisahkan ruang tetapi juga digunakan untuk dekorasi. Bahkan ada juga sekat ruangan yang berbentuk seperti rak yang biasa digunakan untuk membedakan ruang tamu dan ruang keluarga. 

Bagi Anda yang sedang mencar sekat ruangan yang pas, kenali beberapa material berikut ini. 

  1. Polycarbonate

Material ini terkenal untuk penutup atap garasi atau carport. Tapi ternyata material ini juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi ruangan. Polycarbonate adalah material yang terbuat dari bahan kaca dan tak hanya bagus untuk rumah tetapi juga kantor. 

Permukaannya memiliki warna bening dan halus sehingga bagus digunakan untuk sekat ruangan penuh atau hanya setengah. Beratnya juga ringan yang membuatnya tak jarang digunakan sebagai sekat portable. 

  1. Aluminium Composite Panel

Merupakan material yang dibuat dari lapisan polyethylene yang biasanya digunakan sebagai partisi ruangan. Tampilannya sendiri memiliki permukaan seperti tekstur kayu sehingga sangat menarik untuk digunakan dalam ruangan. 

Bagi Anda yang ingin menciptakan ruangan dengan gaya minimalis atau kontemporer cocok dengan partisi ini. Tampilannya memberikan kesan netral serta natural dalam ruangan. 

  1. Kayu

Jika Anda ingin ruangan tampak klasik, maka material kayu akan lebih baik dipilih. Biasanya kayu yang digunakan diukur sehingga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan. Meskipun begitu ada juga sekat ruangan dari kayu yang temanya modern. 

Elemen kayu sangat membantu agar ruangan bisa tampak lebih alami. Ada juga sekat kayu yang dibentuk rak kabinet sehingga dimanfaatkan juga sebagai tempat penyimpanan barang. 

  1. Kaca

Jika Anda ingin membuat ruangan yang tampak lebih mewah maka sekat ruangan dari kaca lebih baik dipilih. Pada bisa membagi ruangan dapur dengan ruang keluarga dari partisi kaca. Kerangka yang digunakan biasanya adalah besi atau alumunium. 

Bagi ruangan minimalis dan kontemporer sekarang ini memanfaatkan lebih banyak partisi kaca. Material alumunium atau besi biasanya dicat berwarna hitam sehingga tampak gagah. Ada banyak jenis kaca yang digunakan baik itu buram atau transparan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *